Saturday, January 18, 2014

Pengalaman Mengikuti Tes CPNS Kemlu 2013 (I): Test, Test dan Test lagi....


(As this article is aimed to share my experience and help Indonesians aspiring to join the prestigious institution to undergo the tests, the article will be written in Bahasa Indonesia)
Jadi… ini artikel berbahasa Indonesia pertama saya, semoga yang saya tulis bisa membantu.

Alhamdulillah, malam tahun baru kemarin dapat hadiah akhir tahun yang indah. Situs e-cpns Kemlu yang biasanya saya cek tiap hari untuk berita/pengumuman hasil tes final akhirnya mengepos berita yang ditunggu-tunggu. Setelah mengikuti seri tes-tes Kemlu dari bulan September (kalau yang seleksi administrasi dihitung) sampai Desember (dengan masa PHP yang lama banget) akhirnya berhasil juga.
Kemlu 1
Dibanding dengan penerimaan CPNS instansi pemerintahan lain, tes CPNS Kemlu tergolong yang bersih. Dari awal sampai akhir, saya tidak mengeluarkan biaya apa-apa kok, kecuali biaya transportasi ke tempat ujian (bolak-balik Bangka-Jakarta, terus rumah keluarga-tempat ujian). Status saya sekarang masih menunggu panggilan diklat, jadi sendirinya belum tahu isi Kemlu itu bagaimana tapi masih nekad tulis sekarang karena takut lupa.

Jadi, sebelum benar-benar berniat ingin masuk Kemlu pastikan niat teman-teman dahulu. Untuk tahu sistem karier di Kemlu, boleh membaca majalah internal-nya Kemlu di sini. Selebihnya silakan tanya saudara atau teman yang sudah di sana ya. Sudah pasti? oke, mari kita jabar satu-satu tesnya

Tes-Tes di CPNS Kemlu 2013 

Tes CPNS Kemlu 2013 ada lima tahap (kalau administrasi ikut dihitung), dimulai dari akhir September sampai akhir Desember 2013 (pengumuman hasil tes akhir).

1. Seleksi Administrasi
Untuk tes administrasi, saran saya lengkapkan berkas sesuai dengan yang diminta di dalam situs e-cpns kemlu di sini (sebagai situs pendaftaran dan yang wajib dicek terus selama ujian) dan kirim berkas lamaran ke Panitia. Untuk formasi CPNS Pejabat Diplomatik dan Konsuler/PDK (yang saya ikuti) ada 12.125 orang yang melamar dan 6.248 yang mengirimkan berkas. Yang diterima hanya 4.874 orang saja. Kalau sudah diterima, print kartu tanda ujian peserta-mu, kalau boleh rangkap dua, takut yang satunya rusak. Oh ya di sini juga ditanyakan tentang kemampuan bahasa kita dan bahasa apa yang akan kita ajukan untuk dites, jadi ajukan yang kita paling mahir saja (Bahasa yang dites untuk tahun 2013: Inggris, arab, mandarin, jerman, perancis, rusia, spanyol, jepang dan korea). Kalau merasa tingkat bahasa asingnya masih kurang, jangan coba-coba deh diajukan.

2. Seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD)
Tahapan TKD Kemlu dilakukan dengan MenPan-RB, untuk yang tahun 2013 ujian sudah berbentuk CAT (computer-assisted test). Jadi tesnya dilakukan dengan komputer. Soal akan muncul di layar dan kita jawab dengan meng-klik pilihan jawaban dst. Kalau tidak salah, ada 90 soal yang harus dijawab dalam satu jam, dengan materi soal berupa TWK (tes wawasan kebangsaan), TIU (tes intelejensia umum) dan TKP (tes karakteristik pribadi). Setelah selesai menjawab dan men-submit jawaban kita, nilai akan langsung keluar di layar (deg-degan banget). Di luar ruang ujian, panitia menyiapkan layar LCD yang akan menampilakan daftar nilai peserta ujian dan rangking peserta ujian di ruangan tersebut sesaat setelah ujian selesai (tambah deg-degan).Untuk tes TKD, harus latihan soal-soal CPNS yang banyak dijual di toko buku atau kalau mau lebih dalam, pelajari kembali pendidikan kewarganegaraan, sejarah dan matematika tingkat SMP karena soal TWK dan TIU banyak keluar dari sana. Passing Grade TKD ditentukan oleh MenPan-RB (jadi masa menunggu pengumuman hasil bakalan lama) yang kali ini ditetapkan sebesar 250 (70 TWK, 75 TIU dan 105 TKP) yang berdasarkan nilai rata-rata peserta ujian. Dari 3.923 orang PDK yang ikut, hanya 1.450 peserta yang lulus.

3. Seleksi Tes Kompetensi Bidang (TKB)
Untuk tahun 2013, TKB berbentuk pilihan ganda dan essay (95 pilgan dan 2 essay berbahasa Inggris, CMIIW) untuk peserta dengan pendidikan S1. Soalannya dalam bahasa Indonesia dan Inggris, kebanyakan tentang kebijakan dan politik luar negeri Indonesia, isu internasional serta diplomasi secara umum. Banyak-banyak baca koran Jakarta Post dan Jakarta Globe, juga artikel-artikel di situs Kemlu itu sendiri, pemahaman makroekonomi dasar juga saya rasa perlu karena untuk TKB yang saya ikuti ada beberapa yang keluar. Tesnya diadakan di aula yang gede di arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran dan menjawab di LJK, jadi siap-siap bawa papan LJK dan pensil 2B serta penghapus. Perasaan waktunya dua jam, jadi kerjakan mana yang dianggap mudah dulu di pilgan dan sisakan sekurangnya setengah jam untuk soal essay. Untuk soal essay, pertanyaanya tentang apa yang boleh dilakukan Indonesia dalam penyelesaian kasus konflik di Suriah dan prospek serta tantangan yang akan dihadapi Indonesia pada tahun 2014. Dari 1.386 peserta PDK yang ikut, 714 peserta yang maju ke tahap selanjutnya.

4. Seleksi Bahasa Asing
Seleksi bahasa asing ditentukan sesuai bahasa yang kita pilih pada saat pendaftaran. Untuk yang bahasa Inggris, Kemlu bekerja sama dengan LIA, sehingga tesnya dilakukan di LIA Pramuka. Soalnya berbentuk TOEFL paper-based test, dengan struktur soal dibagi tiga: listening, structure dan reading. Bagi yang merasa kemampuan bahasa Inggrisnya cukup mumpuni, jangan ge-er dulu, karena soal di bagian structure cukup susah dan waktunya sedikit. Banyak grammar dan struktur kalimat yang jarang saya jumpai keluar. Trik dalam soalan ini sekali lagi banyak-banyak latihan dan simulasi soal TOEFL terutama bagian listening baik dengan tape atau software sehingga tidak kagok saat tes mulai. Tidak ada interview dan writing. Jadi peserta PDK yang udah ciut 707 (yang hadir) disaring lagi menjadi 232 peserta. Jika ingin mundur dari seleksi CPNS Kemlu (mungkin karena dapat pekerjaan di tempat lain atau lain hal) maka lakukan sekarang juga. Ini karena bila lulus dan ikut tes akhir terus berhasil diterima sebagai CPNS Kemlu, proses pengunduran diri akan memakan biaya dua puluh juta rupiah.

(berlanjut)

5 comments:

  1. artikel yang mencerahkan
    saya juga rencananya mo ikut tes kemlu tahun ini
    disini anda tulis
    "kebijakan dan politik luar negeri Indonesia, isu internasional serta diplomasi secara umum" nah selain dari artikel di web kemlu dan dari koran apa ada bacaan lain yang lebih spesifik seperti buku buku ilmiah yang membahas diplomasi dan kebijakan luar negeri?
    trus tes finalnya bagaimana? di wawancara apa aja yang ditanyain? dan psikotestnya apa aja?

    ReplyDelete
  2. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete
  3. Salam Mas
    Masnya lulusan jurusan apa ya? apa harus dari Hub. Internasional?

    ReplyDelete
  4. Mas mau nannya, klo kemenlu ini di patok jurusan ga? Atau semua jurusan bisa ikutan? Untuk yg S1?

    ReplyDelete
  5. Mas mau nannya, klo kemenlu ini di patok jurusan ga? Atau semua jurusan bisa ikutan? Untuk yg S1?

    ReplyDelete