Monday, February 3, 2014

Pengalaman Mengikuti Tes CPNS Kemlu (II): Usaha dan (banyak) Berdoa

 

Well, maaf kalau posting lanjutannya lama banget. Ada yang lupa dimasukin di pos yang kemarin untuk jurusan PDK, Kemlu biasanya menyiapkan jatah lima orang dari total jumlah CPNS PDK yang diterima untuk peserta Indonesia bagian Timur (untuk merepresentasikan keragaman Indonesia) melalui jalur khusus. Jadi jumlah CPNS PDK yang diterima yang awalnya 71 jadi 66 orang saja.

5. Seleksi Final

Seleksi final terbagi menjadi empat tahap: tes psikotes, wawancara psikologi, wawancara substansi dan tes kesehatan. Semuanya dilakukan secara berurutan dengan hari giliran peserta ditentukan berdasar pada daerah asal peserta (biasanya).

5.1. Tes Psikotes

Untuk tes psikotes dan wawancara psikologi, Kemlu bekerja sama dengan Dinas Psikologi Angkatan Darat. Jadi kedua tes beserta riwayat hidup kita (yang akan kita buat sesaat sebelum ujian psikotes) akan digunakan untuk membuat profil psikologi kita masing-masing. Tes psikotes isinya sama dengan tes-tes yang ada di buku panduan psikotes jadi banyak-banyak aja latihan. Yang perlu diperhatikan tentu saja waktu yang sedikit banget. Perasaan kemaren aja ada beberapa soal yang saya isi saja (tanpa DIPIKIR-PIKIR) karena waktu yang mepet. Selain itu ada juga tes menggambar pohon dan Wartegg (yang meneruskan gambar itu). Saya yakin teman-teman sudah tahu tips dan trik dalam kedua tes menggambar ini (yang sudah banyak dibahas di buku panduan psikotes). Sesi tes psikotes diadakan seharian penuh, jadi jangan lupa sarapan. Makan siang ditanggung Kemlu (nasi kotak), karena sesi rehatnya sendiri hanya 30 menit (termasuk sholat zuhur!). Sesi ini diakhiri dengan tes Pauline atau tes koran (karena lembar soalnya yang gede banget). Tipsnya ya sering-sering latihan dengan timer jadi terbiasa dikejar waktu, dan menemukan posisi yang pas saat mengerjakan soal yang benar-benar menguras stamina ini. Usahakan angka yang dijumlah benar dan selalu berhenti pada poin yang sama pada setiap interval tes. Saya sendiri  (dan kebanyakan) hanya dapat mengisi satu setengah halaman, sedangkan yang lain sudah minta lembar kedua.

5.2.  Wawancara Psikologi

Untuk tes ini kita akan diwawancarai oleh satu psikolog yang akan menanyakan soal motivasi, riwayat hidup, integritas, apa yang akan disumbangkan untuk Kemlu dan hal-hal lain. Perhatikan etika wawancara kita, seperti kontak mata {pada saat tes kemaren, yang mewancarai saya matanya kedutan (maaf ya) jadi lebih mudah menjaga kontak mata}  dan bahasa tubuh. Tonjolkan masa-masa yang menunjukkan integritas dan kepemimpinan dalam riwayat hidup anda (yang seringkali akan diungkit-ungkit pewawancara) dengan sedikit bumbu tentunya Devil. Anehnya, kebanyakan waktu wawancara saya saat itu dihabiskan dengan membahas apa yang akan saya kembangkan di Kemlu (projek, rencana, dll) dan psikolog yang siap sedia mengkritik dan menanyakan ide saya lebih jauh. Saat itu saya terlintas proyek Diaspora Indonesia-nya pak Dino Patti Djalal dan membahas rencana memfasilitasi pulangnya pelajar dan pakar Indonesia di luar negeri untuk kembali ke dan berkarya di tanah air (dengan mengatasi hambatan seperti akreditasi ijazah luar negeri dll.) Jadi serasa wawancara substansi Confused smile.

5.3. Wawancara Substansi

Ini yang paling bikin deg-degan. Pewawancara terdiri dari tiga orang, dua dari Kemlu dan satu pakar/akademisi. Semuanya tentu saja ramah tapi pertanyaan mereka yang bikin susah. Kebanyakan bertanya tentang kiprah Indonesia dalam hubungan internasional (ASEAN, PBB dll.), motivasi, dan opini kita tentang isu internasional yang menyangkut Indonesia yang lagi “tren”. Saya kemaren ditanya tentang isu intelijen Australia yang memata-matai Indonesia (yang lagi panas-panasnya), hubungan Indonesia-Malaysia (karena latar belakang saya dengan pendidikan di negeri jiran) dan kiprah Indonesia di PBB serta kemungkinannya menjadi salah satu anggota dewan keamanan tetap PBB. Semua hal boleh ditanyakan, jadi harus banyak baca-baca koran dan situs Kemlu seperti saat tes substansial. Wawancara juga dilakukan dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Latar belakang pendidikan juga berpengaruh terhadap soal yang akan ditanyakan. Karena saya sendiri mengambil HI di Malaysia, dus soal yang ditanyakan kebanyakan tentang HI dan hubungan Indonesia-Malaysia.

5.4. Tes Kesehatan

Tes kesehatan dilakukan di RSPAD Gatot Subroto, gratis dan satu hari (atau beberapa jam saja, tergantung seberapa cepat tes dilakukan). Tesnya terdiri dari tes sampel urin dan darah, tes MMPI (kejiwaan), x-ray dada, rekam jantung dan penyakit dalam oleh internis.

Setelah melakukan semua tes di atas, tibalah masa galau menunggu keputusan akhir Kemlu. Untuk tes tahun 2013 yang saya ikuti, masa-masa galau ini berlangsung dari 28 November-31 Desember 2013 (masukkan lagu “Gantung” oleh Melly G. di sini). Jadi, kira-kira satu bulan lebih. Semoga untuk tahun depan, masa galaunya lebih pendek.

Doa dan restu keluarga

adalah hal penting dalam menjalani tes CPNS Kemlu, masa galau menunggu  keputusan dan kehidupan pada umumnya. Minta restu orang tuamu dan minta didoakan. Entah sudah berapa puluhan ribu zikir yang bapak-ibu saya ucapkan dan berapa ratus rakaat sholat malam didirikan demi kelancaran dan kelulusan tes yang saya jalani. Saya sendiri sholat wajib masih bolong-bolong dan sholat malam hanya saat dekat tes dan pengumuman saja. Alhamdulillah, tidak ada halangan berarti yang saya temukan saat tes dan rasa cemas berkurang pada saat wawancara.

Hal-hal yang boleh membantu

Selain blog saya, masih banyak blog lain yang menyediakan tips dan berbagi pengalaman seperti di sini, sini, sini dan sini (untuk yang punya blog, silakan hubungi saya jika tidak berkenan blognya dishare tanpa izin oleh saya; saya mohon maaf dan embed link akan saya hapus dengan segera). Seperti yang teman-teman simak dari setiap blog, tes CPNS Kemlu terus berubah setiap tahun sehingga tes untuk tahun depan mungkin lebih susah atau mudah dari yang sekarang.

Para pengguna Kaskus juga punya forum untuk peserta tes CPNS Kemlu di sini. Saya sendiri hanya menjadi lurker/silent reader di sana (maaf ya). Situs e-cpns Kemlu juga mengeluarkan pengumuman/berita yang mungkin boleh memberikan teman-teman gambaran tentang format dan bentuk ujian di sini.

Demikian, semoga membantu dan semoga sukses.

1 comment:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete