Monday, February 3, 2014

Pengalaman Mengikuti Tes CPNS Kemlu (II): Usaha dan (banyak) Berdoa

 

Well, maaf kalau posting lanjutannya lama banget. Ada yang lupa dimasukin di pos yang kemarin untuk jurusan PDK, Kemlu biasanya menyiapkan jatah lima orang dari total jumlah CPNS PDK yang diterima untuk peserta Indonesia bagian Timur (untuk merepresentasikan keragaman Indonesia) melalui jalur khusus. Jadi jumlah CPNS PDK yang diterima yang awalnya 71 jadi 66 orang saja.

5. Seleksi Final

Seleksi final terbagi menjadi empat tahap: tes psikotes, wawancara psikologi, wawancara substansi dan tes kesehatan. Semuanya dilakukan secara berurutan dengan hari giliran peserta ditentukan berdasar pada daerah asal peserta (biasanya).

5.1. Tes Psikotes

Untuk tes psikotes dan wawancara psikologi, Kemlu bekerja sama dengan Dinas Psikologi Angkatan Darat. Jadi kedua tes beserta riwayat hidup kita (yang akan kita buat sesaat sebelum ujian psikotes) akan digunakan untuk membuat profil psikologi kita masing-masing. Tes psikotes isinya sama dengan tes-tes yang ada di buku panduan psikotes jadi banyak-banyak aja latihan. Yang perlu diperhatikan tentu saja waktu yang sedikit banget. Perasaan kemaren aja ada beberapa soal yang saya isi saja (tanpa DIPIKIR-PIKIR) karena waktu yang mepet. Selain itu ada juga tes menggambar pohon dan Wartegg (yang meneruskan gambar itu). Saya yakin teman-teman sudah tahu tips dan trik dalam kedua tes menggambar ini (yang sudah banyak dibahas di buku panduan psikotes). Sesi tes psikotes diadakan seharian penuh, jadi jangan lupa sarapan. Makan siang ditanggung Kemlu (nasi kotak), karena sesi rehatnya sendiri hanya 30 menit (termasuk sholat zuhur!). Sesi ini diakhiri dengan tes Pauline atau tes koran (karena lembar soalnya yang gede banget). Tipsnya ya sering-sering latihan dengan timer jadi terbiasa dikejar waktu, dan menemukan posisi yang pas saat mengerjakan soal yang benar-benar menguras stamina ini. Usahakan angka yang dijumlah benar dan selalu berhenti pada poin yang sama pada setiap interval tes. Saya sendiri  (dan kebanyakan) hanya dapat mengisi satu setengah halaman, sedangkan yang lain sudah minta lembar kedua.

5.2.  Wawancara Psikologi

Untuk tes ini kita akan diwawancarai oleh satu psikolog yang akan menanyakan soal motivasi, riwayat hidup, integritas, apa yang akan disumbangkan untuk Kemlu dan hal-hal lain. Perhatikan etika wawancara kita, seperti kontak mata {pada saat tes kemaren, yang mewancarai saya matanya kedutan (maaf ya) jadi lebih mudah menjaga kontak mata}  dan bahasa tubuh. Tonjolkan masa-masa yang menunjukkan integritas dan kepemimpinan dalam riwayat hidup anda (yang seringkali akan diungkit-ungkit pewawancara) dengan sedikit bumbu tentunya Devil. Anehnya, kebanyakan waktu wawancara saya saat itu dihabiskan dengan membahas apa yang akan saya kembangkan di Kemlu (projek, rencana, dll) dan psikolog yang siap sedia mengkritik dan menanyakan ide saya lebih jauh. Saat itu saya terlintas proyek Diaspora Indonesia-nya pak Dino Patti Djalal dan membahas rencana memfasilitasi pulangnya pelajar dan pakar Indonesia di luar negeri untuk kembali ke dan berkarya di tanah air (dengan mengatasi hambatan seperti akreditasi ijazah luar negeri dll.) Jadi serasa wawancara substansi Confused smile.

5.3. Wawancara Substansi

Ini yang paling bikin deg-degan. Pewawancara terdiri dari tiga orang, dua dari Kemlu dan satu pakar/akademisi. Semuanya tentu saja ramah tapi pertanyaan mereka yang bikin susah. Kebanyakan bertanya tentang kiprah Indonesia dalam hubungan internasional (ASEAN, PBB dll.), motivasi, dan opini kita tentang isu internasional yang menyangkut Indonesia yang lagi “tren”. Saya kemaren ditanya tentang isu intelijen Australia yang memata-matai Indonesia (yang lagi panas-panasnya), hubungan Indonesia-Malaysia (karena latar belakang saya dengan pendidikan di negeri jiran) dan kiprah Indonesia di PBB serta kemungkinannya menjadi salah satu anggota dewan keamanan tetap PBB. Semua hal boleh ditanyakan, jadi harus banyak baca-baca koran dan situs Kemlu seperti saat tes substansial. Wawancara juga dilakukan dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Latar belakang pendidikan juga berpengaruh terhadap soal yang akan ditanyakan. Karena saya sendiri mengambil HI di Malaysia, dus soal yang ditanyakan kebanyakan tentang HI dan hubungan Indonesia-Malaysia.

5.4. Tes Kesehatan

Tes kesehatan dilakukan di RSPAD Gatot Subroto, gratis dan satu hari (atau beberapa jam saja, tergantung seberapa cepat tes dilakukan). Tesnya terdiri dari tes sampel urin dan darah, tes MMPI (kejiwaan), x-ray dada, rekam jantung dan penyakit dalam oleh internis.

Setelah melakukan semua tes di atas, tibalah masa galau menunggu keputusan akhir Kemlu. Untuk tes tahun 2013 yang saya ikuti, masa-masa galau ini berlangsung dari 28 November-31 Desember 2013 (masukkan lagu “Gantung” oleh Melly G. di sini). Jadi, kira-kira satu bulan lebih. Semoga untuk tahun depan, masa galaunya lebih pendek.

Doa dan restu keluarga

adalah hal penting dalam menjalani tes CPNS Kemlu, masa galau menunggu  keputusan dan kehidupan pada umumnya. Minta restu orang tuamu dan minta didoakan. Entah sudah berapa puluhan ribu zikir yang bapak-ibu saya ucapkan dan berapa ratus rakaat sholat malam didirikan demi kelancaran dan kelulusan tes yang saya jalani. Saya sendiri sholat wajib masih bolong-bolong dan sholat malam hanya saat dekat tes dan pengumuman saja. Alhamdulillah, tidak ada halangan berarti yang saya temukan saat tes dan rasa cemas berkurang pada saat wawancara.

Hal-hal yang boleh membantu

Selain blog saya, masih banyak blog lain yang menyediakan tips dan berbagi pengalaman seperti di sini, sini, sini dan sini (untuk yang punya blog, silakan hubungi saya jika tidak berkenan blognya dishare tanpa izin oleh saya; saya mohon maaf dan embed link akan saya hapus dengan segera). Seperti yang teman-teman simak dari setiap blog, tes CPNS Kemlu terus berubah setiap tahun sehingga tes untuk tahun depan mungkin lebih susah atau mudah dari yang sekarang.

Para pengguna Kaskus juga punya forum untuk peserta tes CPNS Kemlu di sini. Saya sendiri hanya menjadi lurker/silent reader di sana (maaf ya). Situs e-cpns Kemlu juga mengeluarkan pengumuman/berita yang mungkin boleh memberikan teman-teman gambaran tentang format dan bentuk ujian di sini.

Demikian, semoga membantu dan semoga sukses.

No comments:

Post a Comment